
Palangka Raya, cakra.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Pengadaan Barang/Jasa se-Kalimantan Tengah Tahun 2025, bertempat di Aula Eka Hapakat (AEH) Lantai III Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa (2/9/2025).
Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 2–3 September 2025 ini dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung ini diikuti oleh peserta dari seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, baik dari unsur pemerintah daerah, pejabat fungsional pengadaan, maupun pelaku terkait lainnya.
Turut hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan (Ekobang), Asisten II Setda Prov. Kalteng, serta Kepala Biro PBJ Setda Prov. Kalteng. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang memberikan materi terkait penguatan sistem pengadaan yang lebih efektif, efisien, dan berorientasi hasil.
Plt. Sekda dalam sambutannya menegaskan pentingnya sinergi antarperangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam mewujudkan tata kelola pengadaan barang/jasa yang transparan, akuntabel, serta mendukung terwujudnya pembangunan daerah yang berdaya saing.
“Seluruh aparatur harus menghindari praktik asal-asalan, karena pengadaan menyangkut kepentingan publik dan harus di jalankan secara transparan. Integritas itu harga mati. Jangan pernah ada pengadaan yang di lakukan asal-asalan,” tegasnya.
Leo menyoroti perkembangan dunia pengadaan yang semakin kompleks dan menuntut aparatur menguasai teknologi.
“Pengadaan sekarang semakin digital. Mindset kita harus berubah, cara kerja harus di upgrade agar lebih adaptif,” jelasnya.
Melalui forum ini diharapkan tercipta keselarasan langkah dalam menyukseskan pengadaan barang/jasa pemerintah yang bersih, profesional, dan berintegritas, demi terwujudnya “Kalteng Berkah, Kalteng Maju.” (Red)